Rabu, 10 Agustus 2011

Kim Jaejoong #1 – Akun Twitter yang Paling Berpengaruh di Korea

Alat komunikasi yang paling banyak digunakan oleh sosial-tainer untuk pekerjaan sosial adalah Twitter. Dengan bulan lalu sebagai titik pengukuran, jumlah total pengguna twitter di Korea lebih dari 4.260.000. Di antara mereka, pengaruh “sosial-tainer” berada pada prosentase 0,1%.

Pengaruh dari Twitter mereka terbukti secara dramatis meningkat bila mereka aktif berpartisipasi dalam masalah-masalah sosial seperti sekolah dan bus harapan Hanjin. Para politisi yang berbicara tentang dirinya sebagai kandidat yang menjanjikan untuk pemilu berikutnya menggunakan Twitter semua, tetapi dalam hal pengaruh, mereka tidak dapat mengalahkan para sosial-tainer.

Di Korea, TrendSeek, perusahaan yang khusus menganalisis jaringan sosial, mengevaluasi setiap minggu peringkat dari pengaruh akun Twitter dari awal April lalu dan mempublikasikan mereka. TrendSeek menentukan peringkat pengguna Twitter yang berpengaruh di Korea dengan memperhatikan 5 faktor: jumlah orang yang me-ReTweet (tingkat ekspansi/penyebaran informasi), jumlah orang yang mengirim mention ke pemilik akun Twitter (tweet yang dikirimkan ke orang tertentu) (tingkat ketertarikan), jumlah orang yang di mention oleh si pemilik akun Twitter (tingkat timbal balik), jumlah Tweet yang dibuat oleh pemilik akun Twitter (tingkat keaktifan), dan jumlah follower atau pengikutnya (tingkat popularitas).

Pada tanggal 23 Juli lalu, orang Korea yang mempunyai pengaruh nomor #1 di Twitter adalah Kim Jaejoong, yang berasal dari TVXQ. Penulis Lee Oisoo(#2) yang telah menjadi nomor #1 sejak bulan April terkejut karena posisinya direbut oleh seorang idola. Selain itu, ada banyak entertainer muda lainnya selain Kim Jaejoong, seperti Kim Heechul, Kim Junsu, dan Choi Siwon.

(omitted)

Source: Kyunghyang
Translation Credit: JYJ3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar