Kamis, 09 Juni 2011

Fakta Entertainment Korea !

1. Di korea mau jadi artis tidak mudah, ada 2 syarat utama yaitu tampang dan skill.. tapi skill nomer 1 karena penampilan bisa diubah.
2. Sekedar info SMent biasanya nyari ‘calon artisnya’ yang mukanya fresh, rambutnya bagus, gigi putih, dan double eyelids.
3. Kalau pengen di trainee jadi artis manajemen tertentu biasanya ada 3 tahap audisi yang harus dilalui.
4. Umur ‘calon artis’ yang dicari biasanya antara 12-17 tahun dengan waktu trainee yang panjang tapi sesuai sama hasilnya.
5. Untuk para trainer (calon artis yang belum debut) semua kebutuhan ditanggung manajemen tapi setelah debut biasanya sistem pembagian hasilnya kurang fair, lebih banyak ke pihak manajemen. Itungnnya bayar biaya selama Artis di trainee.
6. 3 Manajemen besar di korea, JYP Entertainment, YG Entertainment, SM Entertainment.
7. Penyanyi korea yang masih muda-muda (kayak kpop grup gitu) disebut IDOL disana.
8. Kalau grup-grup yang baru debut disebut rookie group dan biasanya tidak terlalu dihiraukan oleh orang korea.
9. Rookie grup biasa debut di acara music populer di korea, MNet Countdown, Inkigayo, Music Bank, dan Music Core.
10. Kalau suatu grup/artis bisa menang 3 award dari acara music yang populer tersebut, mereka disebut Triple Crown.
11. Artis wajib mengikuti schedule yang udah dibuat manajemen selama 24 jam per 7 hari! makanya mereka harus tinggal di dorm / asrama khusus.
12. Katanya wajah-wajah melayu susah kalau mau debut di korea karena orang korea kurang suka muka melayu (seperti wajah Indo).
13. Menjadi penyanyi adalah harapan hampir 80% orang tua di korea, karena kesuksesannya pasti luar biasa.
14. Korean fans itu loyal banget! mereka rela menghabiskan uang buat beli CD, poster, dan barang-barang lainnya yang berhubungan dengan idol mereka.
15. CD/Calendar/dan merchandise KPOP lainnya adalah barang yang paling laris di korea. Justru produk-produk kayak kosmetik, baju, dll adalah nomer kesekian buat mereka alias tidak penting-penting banget!.
16. Kebanyakan korean fans cuma punya 1 fandom / fanbase / fansclub, tidak lebih! paling banyak jumlahnya 2-3..
Mereka konsisten!. Kalo dari awal suka sama satu grup, sampe kapanpun tidak bakal ganti tapp tetap ada pengecualian.. Misal fandom awal mereka ELF, sampai kapanpun mereka ELF. Kalu misal suka Shinee juga, mereka tidak akan menyebut diri mereka Shawol. Paling kalau sekedar suka mereka cuma nyebut diri mereka Shinee’s fans atau SNSD’s fans bukan fandom! fandom mereka cuma 1.
17. Karena ke konsistenan mereka itu, walaupun ada artis dihadapan mereka, mereka tidak bakal peduli kalau itu bukan bias / artis idola mereka! gitu juga dengan K-Drama, mereka katanya cuma mau nonton kalau yang main itu salah satu dari kpop grup favorit mereka. Jadi jangan heran kalau ketemu orang korea terus kamu tanya “kenal sama artis …. ga?” terus dia jawab ga kenal padahal artis famous.
18. Penjualan album KPOP juga pasti melunjak kalo lagi comeback! biasanya 1 orang fans bisa beli lebih dari 5 CD KPOP yg sama!! Alasannya ? karena penjualan album kpop itu yang menentukan peringkat kpop idol favorit mereka di chart seperti dosirak, soribada, dll! menurut Korean Fans bukan fans beneran kalau tidak bela-belain beli album idol favorite mereka karena masuk korean chart penting bgt!!
19. Dikorea, tidak cuma anak muda yang suka kpop, kalo lagi fanmeeting jangan kaget tiba-tiba liat ahjumma / ibu-ibu ikutan ngantri.
20. Orang korea cinta banget sama budaya mereka, dan artis-artisnya dalam kesempatan yang pas diwajibkan mempromosikan apa saja tentang korea.
21. Kalau di SM audisi menuntut Skill dan Fisik, kalo di JYP.. Selain 2 hal tersebut, nilai rapot juga ikut menentukan lolos tidaknya. Waktu mau audisi di JYP mereka wajib menunjukan rapot mereka, dan harus ranking! Misalnya udah lolos audisi di JYP, tapi beberapa waktu kemudian nilai rapotnya turun drastis, bakal dapet peringatan, setelah dapat peringatan dan nilai rapot tetap rendah, maka siap-siap dikeluarin deh dari jyp.
22. Di korea pernah ada pepatah “kalau kamu tidak bisa sukses dibawah SM Ent, berarti dibawah manajemen manapun tidak akan pernah sukses”
23. Persaingan para idol di korea itu kuat banget loh, makanya mereka tidak takut buat oplas sana-sini biar tidak kalah saingan. Gak jarang ada artis yang bunuh diri karena tidak mampu bersaing dengan artis-artis lainnya.
24. SME adalah salah satu perusahaan yang berpengaruh di korea! karena artis dibawah manajemen mereka biasanya selalu sukses.
25. Ada beberapa manajemen yang mewajibkan artisnya tinggal di dorm, kalo asli dari luar daerah, mereka harus mau pindah ke seoul.
26. Korean fans suka ngasih hadiah bintang buat artisnya karena menurut mereka bintang itu abadi dan bakal diingat terus.
27. Korean fans tidak peduli idolnya oplas atau tidak, menurutnya yang penting gimana idolnya sekarang bukan dulunya!
28. YG tidak peduli penampilan seseorang, yang terpenting skill nya bkn sekedar bagus tapi Luar Biasa dan orang tersebut pekerja keras.
29. Perbandingan artis yang debut dan artis yang gagal disaat bersamaan adalah 1:10. Maksudnya kalo hari ini ada 1 artis yang debut, berarti disaat yang sama ada 10 artis yang gagal atau dikeluarin dari manajemennya.
30. Korean fans tidak ragu buat mendonasikan uang mereka dalam jumlah besar buat fandom mereka, makanya fandom sana kaya-kaya.

DON’T BASHING PLEASE !! :D

Written by plopipay@ksplash
shared: eriembf – Anything with Korea
Cre Pics : various-zone.blogspot.com
Shared : Tsatsasoeun@asianfansclub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar